APA ITU CACAR ?

APA ITU CACAR ?

Halo semuanya…. apa kabar ?

Apa ada yang lagi sakit ? hahahaha… moga aja nggak ya…

Apa kalian tahu apa itu cacar ? untuk orang yang sudah pernah ngalamin kena cacar pasti ngerti gimana ga enaknya punya bentol-bentol berisi air diseluruh badan yang harus dijaga dan dirawat supaya tidak pecah kan ?. Loh kenapa ? jawabannya ada dua. Yang pertama, karena cairan yang keluar dari bentol-bentol yang pecah akan menginfeksi bagian tubuh yang terkena cairan itu sehingga akan menimbulkan gelembung baru ditempat lain. dan yang kedua, gelembung yang pecah akan menimbulkan bekas pada kulit seperti lubang-lubang kecil macam kawah dipermukaan bulan.

Cacar ada dua jenis, yaitu cacar api dan cacar air. Cacar bisa menyerang manusia tanpa pandang bulu dan usia, seperti aku  yang saat ini (25 maret 2012 ) resmi terserang cacar air  diusia 20 tahun. Teman-temanku bilang aku udah terlalu tua untuk kena cacar.. hahahaha sialan.. Tapi biarlah, udah nasib.

Untuk teman-teman yang lagi jauh dari orang tua karena suatu hal misalnya kuliah dan harus ngkost, kalian harus cari sahabat yang bisa diandalkan dalam senang dan duka. Karena kelak mereka akan sangat membantu dalam masa penyembuhan cacar seperti membantu mencarikan makan dan memenuhi kebutuhan yang sangat kalian perlukan.

Karena aku terserang cacar air jadi kita fokus sama cacar air aja ya.. coz because aku pengen kasih tahu info buat orang-orang kurang beruntung yang akan terjangkit cacar selanjutnya hehehe. Okey.. let’s do this………..

Gejala awalnya sih :

–         Rasa tidak enak badan

–         Sakit kepala ringan

–         Demam

(Tapi tiap orang bisa punya gejala yang berbeda karena daya tahan tubuh yang berbeda pula)

Cacar air disebabkan oleh virus yang bernama Varicella zoster.  Virus ini menyebabkan timbulnya gelembung-gelembung kecil berisi air yang terasa sangat perih jika pecah dan gawatnya lagi dapat berbekas. Parahnya, timbulnya gelembung ini dibarengin dengan rasa gatal yang memaksa kita untuk menggaruknya, padahal itu sama sekali tidak boleh. Gelembung ini akan banyak bermunculan pada bagian batang tubuh seperti bagian dada, perut, punggung dan bahu karena bagian itulah yang paling sering berkeringat. tapi jangan kaget kalau gelembung cacar tumbuh dikulit kepala dan ditempat-tempat sensitif lainnya karena cacar dapat tumbuh ditempat manapun yang dia mau.

Jika kalian baru menyadari kalau kalian sedang terkena cacar, kalian bisa melakukan pengobatan darurat dengan mengoleskan salep ACYLOVIR 5% pada gelembung yang udah pada muncul. Dan segera lah periksakan kedokter. Nah kalau jauh dari dokter gimana dong ? kalau memang sikon yang tidak memungkinkan, kalian bisa mengkonsumsi ACYLOVIR dalam bentuk tablet yang bisa dibeli diapotek terdekat. Tapi lebih baik kalau menggunakan resep dokter sih karena lebih akurat.

Setelah periksa kedokter dan tiba masa perawatan, sangat penting untuk menjaga tubuh untuk tetap kering Karena tubuh yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya gelembung semakin banyak. Oleh sebab itu rajin-rajinlah untuk menaburkan bedak SALICYL pada bagian tubuh yang terdapat gelembung.

Sebisa mungkin hindari mandi. Tapi kalo udah ga tahan, mandi juga ga apa-apa. Tapi INGET, mandinya harus pake air hangat dan cepat-cepat dikeringkan. Selesai mandi segera mungkin oleskan salep ACYLOVIR dan taburi juga dengan bedak SALICYL untuk menghindari lembab lebih lama.

Aku juga dapat resep tradisional dari orang-orang yang udah pernah kena cacar, mereka bilang kita dapat mengunakan jagung untuk mengurangi bekas dari cacar tersebut. Caranya, jagung diparut dan hasil parutannya diolehkan di tempat yang paling banyak terdapat gelembung. Makin sering diolesi makin bagus dan bekasnya semakin sedikit.

Banyak-banyak mengkomsumsi vitamin C ya.. karena dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dari dalam.

Nah itulah sekilas  info yang bisa saya berikan mengenai cacar untuk saat ini. Untuk resep tradisional diatas, Hasilnya belum bisa kukasih tahu karena sampai saat inipun (28 maret 2012) aku masih belum sembuh hahaha…. Tapi ga ada salahnya dicoba dong… lo berhasil ya Alhamdulillah, kalau tidak yang pasrah saja lah.

Untuk info lebih lengkap silakan search di tempat lain ya hehehehe.. ^-^

Special Thanks To:

My cutie bestfriend sitti hajjar yang udah bersedia mengantarkan aku berobat dan mengantarkan benda yang aku perlukan.

Lalu ada my sweetie bestfriend rizma ngawitan yang udah ngurusin aku dan mencarikan aku benda-benda penting diatas.

Karena kalian aku jadi bisa makan teratur walau sedang sakit… love u two… mmmmuaaachhh……

~ oleh Hae_RyN's pada Maret 28, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: